UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatdas) Tahun 2020, Sabtu (25/01/2020) hingga Jumat (31/01/2020) bertempat di Markas PMI Kabupaten Badung dan Bumi Perkemahan Tanah Wuk. Kegiatan ini diikuti oleh 23 peserta dari seluruh fakultas di Universitas Udayana dan mengangkat tema “Kun Fayakun : Aswangga Sagraha Sahwahita” yang berarti “Jadilah, maka jadilah ia : relawan yang cekatan, siap menolong, dan berguna bagi semua.”

Diklatdas merupakan program kerja rutin tahunan UKM yang bertujuan regenerasi anggota. Dalam pelaksanaannya, Diklatdas dilandaskan pada kurikulum PMI Pusat dengan berbagai materi yang mencangkup pengetahuan, keterampilan, dan pendidikan karakter dalam dunia kepalangmerahan agar siap menjalankan tugas kemanusiaan.

Terkait dengan kurikulum, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sucipta, M.P selaku pembina UKM mengatakan perlu adanya pembaharuan kurikulum untuk membentuk relawan yang siap akan perkembangan zaman saat ini. Ia juga menambahkan, Diklatdas ini merupakan kegiatan peningkatan SDM yang kemudian luarannya akan menjadi indikator PMI.

“Berbicara tentang revolusi 4.0 kita berbicara tentang literasi. Setiap tahun harus ada perkembangan karena karakteristik input mahasiswa yang berbeda dan selalu berkembang. Kurikulum setiap saat harus berubah agar relawan PMI siap dihadapkan dengan situasi kompetisi dan persaingan di era milenial revolusi 4.0,” ujarnya.

Terlepas dari itu, pembina yang juga merupakan dosen Fakultas Teknologi Pertanian ini sangat mengapresiasi peserta yang telah membulatkan tekad mengikrarkan diri dalam dunia kepalangmerahan. Ia juga mengapresiasi seluruh anggota, khususnya para senior dan pihak markas PMI Kabupaten Badung yang telah berperan aktif mengembangkan UKM hingga saat ini.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua PMI Kabupaten Badung, Kompyang R. Swandika. Ia mengatakan Diklatdas merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat bagi mahasiswa, perguruan tinggi, dan masyarakat dalam meningkatkan kesetiakawanan sosial serta merupakan wujud nyata pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Tak lupa ucapan terima kasih ia ucapkan kepada Rektor Universitas Udayana dan jajarannya yang telah berkomitmen memfasilitasi dan mendukung KSR-PMI Universitas Udayana. (yun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here